Jumat, 23 Desember 2011

PATRIOT KAH ANDA ?



Apakah patriot itu? Patriot adalah prestatif, tanggap, aktif, kritis, visioner dan tanggung jawab. Sudah kah anda melakukan kesemuanya sehingga dapat dikatakan patriot. Saya yakin pasti beberapa dari anda mengatakan dengan sigap”Sudah”. Secara umum memang banyak sekali yang mengatakan bahwa kita adalah patriot. Tetapi bagaimanakah proses untuk menjadi patriot itu? Apakah sudah baik.. bagaikan lilin…Saat di dunia anda dapat menerangi yang berada di sisi anda. Anda dapat membantu dan meminimalisir permasalah-permasalahn yang kerap kali muncul. Tapi ingatlah…  Suatu saat lilin itu akan mati. Siapakah yang membuat lilin itu mati? Tak satupun dari kami yang menginginkan lilin itu mati, Karena lilin tersebut tlah menerangi ruangan-ruangan yang ada di sekelilingnya. Tebak siapa? Nah… dan saat lilin itu mati, lilin itu sendiri tak dapat menerangi dirinya sendiri.. maka tentukanlah pilihan anda.
Saat anda menjadi seseorang yang prestatif, bagaimanakah anda melakukannya? Belajar dengan sungguh-sungguh, berdoa dan melalui kehidupan dengan dinamis. Meski masalah selalu mewarnai hidup anda, tapi anda selalu tersenyum karena anda tahu bahwasannya dunia ada yang mencipta. Saudara.. dunia ini telah diatur olehNya. Tersenyumlah bahwa kemenangan ada di tangan kita. Tangan mereka-mereka yang melakukan kebaikan dengan sepenuh hati. Orang yang melakukan segalanya dengan hati yang ceria dan siap menerima tantangan lainnya untuk diselesaikan.
Apakah kita sudah tanggap? Saya rasa teman-teman sudah tanggap dengan keadaan sekitar. Saling membagi senyum dan saling menyemangati dan alangkah baiknya jika kita bisa lebih tanggap. Teman tanggap itu tak harus mengenal terlebih dahulu. Tetapi kita merasakan dan member sesuatu yang konkrit dan sangat bermanfaat bagi orang lain. Ingatlah… apapun yang kita lakukan jangan sampai membuat kita sombong dan ingin dilihat oleh orang lain. Inilah teman-teman yang saya katakana “ Proses”. Jadi coba lihat kembali bagaimana proses anda saat anda telah mengatakan menjadi Patriot.
Aktif adalah memberikan sesuatu yang bermakna dan bermanfaat kepada orang lain sehingga memberikan out put yang baik tentunya dengan proses yang baik pula. Bagaimana setiap orang dihimbau untuk dapat memilah dan memilih semua pilihan yang baik semua dimata orang lain. Tetapi pilihan apa yang benar-benar saat itu sangat dibutuhkan. Tentunya jangan sampai melupakan kewajiban kita. Kita juga harus aktif terhadap diri kita sendiri. Aktif bagaimana menyelesaikan masalah pribadi dengan solusi yang efektif dan efisien. Jangan lupa juga untuk selalu aktif pada tiap peran kita. Memang susah untuk menyeimbangkannya. Tetapi saat teman-teman mengatakan bisa dan mau untuk dapat menyeimbangkan tiap peran teman-teman saya yakin pasti bisa. Ingat bahwa kita hidup tidak hanya menjadi seorang MAHASISWA kawan…
Salah satu hal untuk menjadi patriot adalah juga harus kritis. Inilah hal yang sangat terlihat bahwa ia yang menjadikan titik tumpu suatu output itu akan keluar. Tetapi jangan mentang-mentang kritis semua hal ditolak..
Kritis adalah menilai dan menimbang baik-buruk sesuatu itu dilakukan atau tidak. Jangan pernah mengikuti suatu kebudayaan, karena belum tentu kebudayaan tersebut benar. Hiduplah secara dinamis. Misalkan saja seperti di ITS. Bagaimana kakak –kakak senior memberikan evaluasi kepada adik-adik yang baru masuk universitas tersebut. Kita pasti bisa memilih yang mana yang benar dan yang mana yang baik. Ingatlah bahwa semuanya akan dipertanggung jawabkan. Jangan sampai mencontoh suatu kebudayaan yang kurang tepat. Kita semua pasti menginginkan mendapatkan output yang lebih baikkan.. alangkah bijaknya bila kita dapat mengaplikasikan kritis itu kepada kehidupan dan kita dapat mengubah suatu kebudayaan yang kurang tepat menjadi sangat tepat. Seimbanglah kawan.. teman-teman bisa menjadi seorang organisator yang berakhlak. Hidup ini bukan kita yang punya, tapi kita difasilitasi olehNya.
Dan yang terakhir adalah visioner dan bertanggung jawab. Sebenarnya intinya hanya satu. Pilihan. Saat teman-teman suda memilki pilihan hidup masing-masing maka teman-teman pasti telah merancang rencana-rencana agar dapat mencapai pilihan tersebut dan harus bertanggung jawab dengan pilihan tersebut. Berusahalah untuk merenungi dan meenuliskan tujuan teman-teman kedepannya ingin menjadi seperti apa.
Untuk para pembaca saya ingatkan bahwa “apa yang kita lakukan hari ini adalah hasil untuk dikemudian hari”.  Coba lihat mereka yang jadi dosen sekarang sangat tidak mungkin dahulu mereka malas-malasan mereka pasti berusaha dan berdoa yang tak kenal putus asa. Bagaimana dengan anda? Apa yang anda kerjakan  hari ini, jika anda ingin menjadi seorang patriot?







Tidak ada komentar:

Posting Komentar